PEMBUATAN ALAT LABORATORIUM UNTUK PRAKTIKUM OPTIK GEOMETRI TINGKAT SMA BERBASIS LASER DIODA

Alexander Nasution, Minarni Minarni, Rakhmawati Farma, Sinta Afria Ningsih

Abstract


Peningkatan literasi sains siswa Indonesia membutuhkan metode pembelajaran yang standar, salah satunya mengunakan metode pembelajaran dengan alat demo atau alat laboratorium. Namun penyediaan alat tersebut oleh sekolah belum optimal karena pendanaan yang kurang. pelajaran Fisika tingkat SMA khususnya kelas X atau XI membahas tentang optik geometri. Kit alat optik geometri yang ekonomis diperlukan untuk menunjang hasil belajar siswa pada materi tesebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuat kit optik geometri yang ekonomis dan sederhana berbasis laser untuk percobaan optik geometri. Kit tersebut yang terdiri dari laser dioda dengan panjang gelombang 650 nm dan daya 5 mW, tangki pembiasan akrilik, skala sudut berbentuk melingkar. Percobaan yang dilakukan adalah pengunaan Hukum Snelius pada medium udara-air, menentukan indek bias cairan, dan sudut kritis. Pada penelitian ini, modul percobaan digunakan pada siswa MAN 1 Padang Lawas, Kecamatan Barumun, Sumatera Utara. Beberapa uji yang dilakukan yaitu uji kelayakan alat, uji praktikalita kit optik geometri, dan uji efektifitas penggunaan Kit Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. Hasil rata-rata semua aspek uji kelayakan menghasilkan skor 96,25%. Hasil uji praktikalitas adalah 85,00 %. Untuk uji efektifitas penggunaan kit adanya perbedaan hasil pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana pada kelas eksperimen rata-rata nilai siswa dari 32,83 pada saat pre-test menjadi 73 setelah post-test, sementara hasil pre-test kelas kontrol dari rata-rata 31,83 menjadi 68 setelah dilakukan post-test

Keywords


Percobaan optik geometri; Tangki pembiasan; Siswa SMA; Uji validitas; Laser dioda

References


1. OECD. (2017). PISA for Development Brief. OECD(organization for economic Co-operation and development) Publishing, Paris. Diakses pada 15 Februari 2020 DOI: http://dx.doi.org/10.1787/9789264255425-en 2017/2.

2. Kurnia, F., Zulherman, & Fathurohman. (2014). Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas Xi Di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 42-47.

3. Arief , M. K., Handayani, L., & Dwijananti, P. (2012). Identifikasi Kesulitan Belajar Fisika pada siswa RSBI: Studi kasus di RSMABI Se Kota Semarang. Unnes Physics Education Jurnal, 1(2), 5-10.

4. Pujianto, Supardianningsih, Chasanah, R., & Abadi, R. (2013). Fisika untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013. Intan Pariwara, Klaten.

5. Rahayu, A. S., Serevina, V., & Raihanati, R. (2016). Pengembangan Set Praktikum Pembiasan Cahaya Untuk Pembelajaran Fisika di SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 5, SNF2016-RND. DOI: https://doi.org/10.21009/0305010201.

6. Pudak Scientific. (2017). Kit Optika Geometris. Buku Katalog Produk-POK 200. Diakses pada tanggal 23 Maret 2020, URL: https://www.pudak-scientific.com/.

7. Sukamto, I., Rosidin, U., Suyatna, A., & Maharta, N. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Ala-Alat Optik Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pembelajaran Fisika. 1(1), 92-103.

8. Fitriyah, F., Sumpono, I., & Subali, B. (2018). Desain Alat Praktikum Pembiasan Cahaya untuk Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 169-180.

9. Oktafiani, P. Subali, B. dan Sari, D. A.P. (2017). Pengembangan alat peraga kit optik serbaguna (AP-KOS) untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 189-200.

10. Hahn, W. V. T. (2016). A Low-Cost Apparatus for Laboratory Exercises and Classroom Demonstrations of Geometric Optics. University Honor Thesis, Paper 338. Portland State University.

11. Ramos-Ortiz, G., Maldonado, J L., Villagr-Muniz, M., & Ramirez-Maldonado, Z. (2000). Forty simple experiments with an He-Ne laser for High School Students. Proceedings of Sixth International Conference on Education and Training in Optics and Photonics, SPIE, 3831. DOI: https://doi.org/10.1117/12.388739.

12. Latip, A. & Permanasari, A. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Untuk Siswa SMP Pada Tema Teknologi. Edusains, 7(5), 160-171.

13. Wong, S. S. L., & Mak, S.-E.. (2008). Investigative studies of refractive indices of liquids and a demonstration of refraction by the use of a laser pointer and a lazy. Physics Education, 40(2), 198-202.

14. Halliday, D., R. Resnick, J. Walker. (2011). Fundamentals of Physics 9 Ed. John Wiley & Sons, Inc, USA.

15. Nurwulandari, N. (2018). Pembelajaran Fisika Berbasis Literasi Sains terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa pada pokok bahasan Energi. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 2(2), 205-213.

16. Parmitasari, P, & Hidayanto, E. (2013). Analisis Korelasi Indeks Bias Dengan Konsentrasi Sukrosa Beberapa Jenis Madu Menggunakan Portable Brix Meter. Youngster Physics Journal, 1(5), 191-198.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkfi.18.2.137-145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing by:

  

 

Image