Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Komunikasi Fisika Indonesia?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN PENGIRIMAN (Submission Guideline)

1.  Masuk ke web KFI: https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JKFI.

2.  Bila Anda belum memiliki akun KFI silahkan daftar dahulu dengan cara Klik “Register”.

 

3.  Isi data diri anda dengan lengkap pada bagian PROFILE.

 

4.  Centang pada bagian Register as,sebagai Reader dan Author. Kemudian klik “Register”.

 

5.  Akun yang telah dibuat langsung menampilakn beranda (dashboard) profil Anda seperti tampilan dibawah.

6.  Klik “New Submission” Untuk memulai Submisi Artikel atau jurnal.

 

7.  Pilih Section “Article” di bagian JOURNAL SECTION.

 

8.  Centang semua bagian pada SUBMISSION CHECKLIST yang menunjukkan syarat dan ketentuan berlaku bagi jurnal yang akan dipertimbangkan. Kemudian klik “Save and continue”.

 

9.  Klik “Choose File” pada bagian SUBMISSION FILE untuk mengambil file article atau jurnal di tempat penyimpanan file.

 

10.  Pilih file Article atau jurnal, kemudian klik “Open”.

 

11.  Klik “Upload” untuk meng-Upload file article dan jurnal yang dipilih.

 

12.  Klik “Save and continue” untuk melanjutkan tahap berikutnya.

 

13.  Klik “Add Author” untuk penambahan data penulis yang lain.

 

14.  Isi data penulis dengan lengkap dan benar. Klik “Add Author” untuk penambahan data penulis jika masih terdapat penulis yang lain.

 

15.  Isi “Title” dan “Abstract” pada bagian TITLE AND ABSTRACT sesuai dengan isi artikel atau jurnal yang di-Upload. Judul dalam bahasa Indonesia, sementara Abstrak dan Keywords dalam Bahasa Inggris. Isi juga “Keywords” dan “Language” (ketik id untuk bahasa Indonesia atau en untuk bahasa Inggris) pada bagian INDEXING.

 

16.  Isi referensi artikel atau jurnal pada bagian REFERENCES dengan jarak 1 (satu) enter atau blank line (baris kosong) untuk setiap masing-masing  referensi. Kemudian klik “Save and continue”.

 

17.  Klik “Save and continue”. Jika tidak ada file tambahan untuk di-Upload, klik Choose file dan upload pada menu "Upload Suplementary Files". Anda dapat menambahkan sejumlah file tambahaan, seperti lampiran, foto dokumentasi, maupun perincian metodologi. Beri nama file berbeda untuk tiap file.

 

18.  Bila submisi Artikel telah lengkap dan klik "Finish Submission". Klik “Log Out” untuk keluar dari profile Anda.


PEDOMAN PENULISAN

Naskah

Harus berupa hasil penelitian yang belum pernah dipublikasikan. Jumlah halaman tiap artikel tidak melebihi 8 halaman. Artikel yang akan dimuat dalam prosiding ditulis dalam bahasa Indonesia, huruf Times New Roman, Font size 11, spasi 1.15 dan susunan dua kolom (double-coulomn), tanpa nomor halaman. Ukuran kertas A4 dan margin normal (semua sisi 2.54 cm). Adapun susunan penulisannya terdiri atas PENDAHULUAN, TINJAUAN PUSTAKA (bila ada), METODE, HASIL DAN PEMBAHASAN, KESIMPULAN, REFERENSI, serta UCAPAN TERIMA KASIH (bila ada). Penambahan sub-judul dapat dilakukan bila dibutuhkan. File artikel penuh disimpan dalam bentuk file Microsoft 2003/2007 (*doc/.*docx). Unduh Template

Judul

Diusahakan cukup informatif dan menggambarkan isi pokok tulisan secara ringkas dan jelas, ditulis dengan huruf kapital font TNR size 14.

Abstrak

Abstrak ditulis dalam bahasa inggris dan bahasa Indonesia, yang berisikan isu-isu pokok, tujuan penelitian, metoda/pendekatan dan hasil penelitian. Abstract ditulis dalam satu alenia, tidak lebih dari 300 kata. (Times New Roman 10, spasi tunggal, dan cetak miring).

Kata Kunci

Berikan 3-5 kata kunci dipisahkan dengan tanda koma yang berkenaan dengan topikutama dari naskah.

     Secara umum, jumlah halaman tiap artikel tidak melebihi 11 halaman. Artikel yang akan dimuat dalam prosiding ditulis dalam bahasa Indonesia, huruf Times New Roman, Font size 11, spasi 1.15 dan susunan dua kolom (double-coulomn), tanpa nomor halaman. Ukuran kertas A4 dan margin normal (semua sisi 2.54 cm). Adapun susunan penulisannya terdiri atas PENDAHULUAN, TINJAUAN PUSTAKA (bila ada), METODE PENELITIAN, HASIL DAN PEMBAHASAN, KESIMPUL-AN, REFERENSI, serta UCAPAN TERIMA KASIH (bila ada). Penambahan sub-judul dapat dilakukan bila dibutuhkan. File artikel penuh disimpan dalam bentuk file Microsoft 2003/2007 (*doc/.*docx).

Sebagai acuan penulisan naskah artikel, Anda dapat mengakses panduan Elsevier beriku: https://www.elsevier.com/connect/11-steps-to-structuring-a-science-paper-editors-will-take-seriously

 

PENDAHULUAN 

     Pendahuluan mencakup latar belakang atas isu atau permasalahan serta urgensi dan rasionalisasi kegiatan. Tujuan kegiatan dan rencana pemecahan masalah disajikan dalam bagianini. Tinjauan pustaka yang relevan dan pengembangan hipotesis (jika ada) dimasukkan dalam bagian ini.

 

TINJAUAN PUSTAKA (bila ada)

     Bagian ini berisi kajian literatur yang dijadikan sebagai penunjang konsep penelitian. tinjauan pustaka tidak terbatas pada teori saja, tetapi juga bukti-bukti empiris (penelitian sebelumnya).

METODE PENELITIAN 

     Metode penelitian menjelaskan rancangan kegiatan, ruang lingkup atau objek, bahan dan alat utama, tempat, teknik pengumpulan data, definisi operasional variabel penelitian, dan teknik analisis.

HASIL DAN PEMBAHASAN 

     Bagian ini menyajikan hasil penelitian. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Bagian pembahasan memaparkan hasil pengolahan data, menginterpretasikan penemuan secara logis, mengaitkan dengan sumber rujukan yang relevan. 

 

Gambar dan Tabel 

 

Gambar 1. Spektrum absorbsi UV-Vis dari nanorod ZnO di-treatment boron. 

 

Semua Gambar dan Tabel harus disitasi dengan jelas dan tidak memberikan ilustrasi ganda dengan menampilkan Gambar dan Tabel untuk data yang sama. Tabel dan Gambar diberi nomor secara berurutan, seperti Gambar 1 dan Tabel 1. Ukuran lebar Gambar dan Tabel maksimal 7.20 cm atau 14.4 cm. Upayakan peletakan Gambar dan Tabel dekat dengan kalimat sitanya. 

Tabel 1. Energi gap nanorod ZnO yang ditreatment boron 

No

Jenis Sampel

Energi Gap (eV)

1

murni

3.16

2

120 menit

3.12

 

Penulisan Persamaan 

Persamaan ditulis dengan bantun Microsoft Equation atau MathType  dengan ukuran huruf 11 dan diberi nomor secara berurutan. Sitasi persamaan ditulis dengan ‘Persamaan (1)’. Contoh Persamaan (2) dan (3) berikut

Bila ada persamaan pembagian yang hendak ditulis dalam kalimat, disarankan menggunakan tanda solidus ‘/’ daripada tanda bagi ‘_’.

 

KESIMPULAN 

Kesimpulan berisi rangkuman singkat atas hasil penelitian dan pembahasan, ditulis dalam satu alinea. [Times New Roman, 11, normal]

Ucapan Terima Kasih

Beri ucapan terima kasih Anda pada pihak-pihak yang telah membantu dan berkontribusi secara finansial dan lainnya selama proses penelitian Anda berlangsung.

Referensi

Setiap data, pernyataan, maupun quote yang diambil dari penulis / penelitian sebelumnya wajib disitasi pada akhir kalimat kutipan tersebut, angka dalam kurung siku secara kronologikal diakhir tanda baca (sebelum tanda koma, tanda titik, atau tanda tanya) [1]. Bila sitasi terdiri dari 2 kutipan atau lebih namun tak berurutan, ditulis dengan pemisa tanda koma [2,3,5]. Bila sitasi lebih dari 2 dan berurutan, ditulis [4-6]. Referensi ditulis secara berurutan menurut nomor kemunculannya. Referensi ditulis secara berurutan sesuai nomornya mengikuti gaya sebagai berikut.

Buku.

No.  Penulis, A. A., Penulis, B. & Penulis, C. C. (tahun). Judul Buku. Tempat penerbitan: Penerbit, no. halaman.

Contoh:

 

 1. Perry, L. M. (1980). Medicinal plant of East and Southeast Asia. Cambridge: MIT Press.

 

Artikel/chapters dalam buku.

No. Penulis, A., Penulis, B. & Penulis, C. (tahun). Judul Artikel/chapter. Dalam Penulis, X. Penulis, Y. & Penulis, Z. (Eds.). Judul Buku, no edisi (bila ada). Tempat penerbitan: Penerbit, no. halaman. 

 

2. Fitch, R. M. & Tsai, C. H. (1971). Polymer colloids. In R. M. Fitch (Ed.). Polymer colloids. New York: Plenum Press, 73.

 

Jurnal.

No. Penulis, A. A., Penulis, B., Penulis, C. C., Penulis, D., & Penulis, E. E. (tahun). Judul Artikel. Nama Jurnal, volume(No. isu): halaman.  

 

3. Kyung, H. R. & Yinzhe, J. (2006). Recovery of catechin compounds from Korean tea by solvent extraction. Bioresource Technology, 97(5), 790–793.

 

Web References.

No. Penulis, A. A. (year). Judul Artikel. Nama Jurnal, volume (no. isu), halaman (bila ada). Diakses pada ..’tanggal akses’.., URL: .

 

            Atau

No. Penulis, A. A. (year). Judul Artikel. Diakses pada ..’tanggal akses’.., URL: .

 

4. Rabbani, S. I., Devi, K. & Khanam, S. (2010). Role of pioglitazone with metformin or glimepiride on oxidative stress-induced nuclear damage and reproductive toxicity in diabetic rats. Malaysian Journal of Medical Science, 17(1), 3–11. Diakses pada 21 Maret 2010, URL: http://ernd.usm.my/journal/journal/02171OA1pioglitazone.pdf.

 

5. Remington, J. P. & Wood, H. C. (1918). The dispensatory of the United States of America. Diakses pada 21 Maret 2010, URL: http://www.henriettesherbal.com.

 

Konferensi.

No. Penulis, A. A. & Penulis, B. B. (year). Judul Artikel yang disajikan. Nama prosiding of, tempat (provinsi/kota, negara), tanggal, no halaman. 

 

6.  Goh, E. G., Wan Nik, W. M. N., Fadhli Ahmad, M. & Amran, A. (2009). The assessment of rheological model reliability in lubricating behaviour of vegetable oils. National Tribology Conference, Universiti of Malaya, NTC, Kuala Lumpur, 4–5 May 2009, 58–65. 

 

Disertasi/tesis/skripsi.

No. Penulis, A. (year). Judul Disertasi/tesis /skripsi. Jenis Disertasi/tesis/skripsi, nama universitas. 

7.  Abdullah, N. (2005). An assessment of pyrolysis for processing empty fruit bunches. Disertasi Ilmu Lingkungan, Universitas Riau.

 

Penulis banyak.

Cantumkan semua penulis bila jumlahnya tidak lebih dari 6 penulis. Bila lebih, tuliskan hanya 6 penulis pertama dan diikuti oleh kata “et al.” atau “dkk.”.

 

No. Penulis, A. A., Penulis, B., Penulis, C. C., Penulis, D., Penulis, E. E.,

Penulis, F., et al. (year). Judul artikel. Nama Jurnal, volume (no isu), halaman.  

 

8. Taniguchi, S., Kuroda, K., Doi, K., Inada, K., Yoshikado, N., Yoneda et al. (2007). Evaluation of gambir quality based on quantitative analysis of polyphenolic constituents. Yakugaku Zasshi, 127(8), 1291–1300.

 

Tabel dan Gambar

Semua Gambar dan Tabel harus disitasi dengan jelas dan tidak memberikan ilustrasi ganda dengan menampilkan Gambar dan Tabel untuk data yang sama. Tabel dan Gambar diberi nomor secara berurutan, seperti Gambar 1 dan Tabel 1. Ukuran lebar Gambar dan Tabel maksimal 7.20 cm atau 14.4 cm. Upayakan peletakan Gambar dan Tabel dekat dengan kalimat sitasinya.

Persamaan

Persamaan ditulis dengan bantun Microsoft Equation atau MathType  dengan ukuran huruf 11 dan diberi nomor secara berurutan. Sitasi persamaan ditulis dengan ‘Persamaan (1)’.

Bila ada persamaan pembagian yang hendak ditulis dalam kalimat, disarankan menggunakan tanda solidus ‘/’ daripada tanda bagi.

Selengkapnya gunakan Template.

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel yang diserahkan tidak dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya atau sedang dalam proses pengajuan yang bersamaan pada jurnal lain (berikan penjelasan pada kolom "Comments to the Editor").
  2. Berkas/file naskah harus dalam bentuk Microsoft Word 2003 atau 2007, atau RTF.
  3. Bila sumber referensi berasal dari sumber online, harap cantumkan tautannya pada bagian referensi.
  4. Naskah ditulis dalam format dua-kolom, kecuali bagian Abstrak; gunakan jenis huruf Times new Roman ukuran huruf 11-pt, kecuali Abstrak 10-pt; seluruh ilustrasi-ilustrasi: Gambar, Bagan, dan Tabel, ditempatkan dekat dengan kalimati sitasinya. Selengkapnya unduh template KFI

     

  5. Penulisan kalimat kutipan dan sumber rujukan harus mengikuti pedoman dan template yang diberikan Author Guidelines.
  6. Pastikan naskah yang dikirim untuk peer-reviewed mematuhi intruksi tdalam Ensuring a Blind Review.
 

Copyright Notice

The copyright holder is the author(s)

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.