PEMBUATAN ALAT LABORATORIUM UNTUK PRAKTIKUM OPTIK GEOMETRI TINGKAT SMA BERBASIS LASER DIODA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
1. OECD. (2017). PISA for Development Brief. OECD(organization for economic Co-operation and development) Publishing, Paris. Diakses pada 15 Februari 2020 DOI: http://dx.doi.org/10.1787/9789264255425-en 2017/2.
2. Kurnia, F., Zulherman, & Fathurohman. (2014). Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas Xi Di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 42-47.
3. Arief , M. K., Handayani, L., & Dwijananti, P. (2012). Identifikasi Kesulitan Belajar Fisika pada siswa RSBI: Studi kasus di RSMABI Se Kota Semarang. Unnes Physics Education Jurnal, 1(2), 5-10.
4. Pujianto, Supardianningsih, Chasanah, R., & Abadi, R. (2013). Fisika untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013. Intan Pariwara, Klaten.
5. Rahayu, A. S., Serevina, V., & Raihanati, R. (2016). Pengembangan Set Praktikum Pembiasan Cahaya Untuk Pembelajaran Fisika di SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 5, SNF2016-RND. DOI: https://doi.org/10.21009/0305010201.
6. Pudak Scientific. (2017). Kit Optika Geometris. Buku Katalog Produk-POK 200. Diakses pada tanggal 23 Maret 2020, URL: https://www.pudak-scientific.com/.
7. Sukamto, I., Rosidin, U., Suyatna, A., & Maharta, N. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Ala-Alat Optik Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pembelajaran Fisika. 1(1), 92-103.
8. Fitriyah, F., Sumpono, I., & Subali, B. (2018). Desain Alat Praktikum Pembiasan Cahaya untuk Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 169-180.
9. Oktafiani, P. Subali, B. dan Sari, D. A.P. (2017). Pengembangan alat peraga kit optik serbaguna (AP-KOS) untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 189-200.
10. Hahn, W. V. T. (2016). A Low-Cost Apparatus for Laboratory Exercises and Classroom Demonstrations of Geometric Optics. University Honor Thesis, Paper 338. Portland State University.
11. Ramos-Ortiz, G., Maldonado, J L., Villagr-Muniz, M., & Ramirez-Maldonado, Z. (2000). Forty simple experiments with an He-Ne laser for High School Students. Proceedings of Sixth International Conference on Education and Training in Optics and Photonics, SPIE, 3831. DOI: https://doi.org/10.1117/12.388739.
12. Latip, A. & Permanasari, A. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Untuk Siswa SMP Pada Tema Teknologi. Edusains, 7(5), 160-171.
13. Wong, S. S. L., & Mak, S.-E.. (2008). Investigative studies of refractive indices of liquids and a demonstration of refraction by the use of a laser pointer and a lazy. Physics Education, 40(2), 198-202.
14. Halliday, D., R. Resnick, J. Walker. (2011). Fundamentals of Physics 9 Ed. John Wiley & Sons, Inc, USA.
15. Nurwulandari, N. (2018). Pembelajaran Fisika Berbasis Literasi Sains terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa pada pokok bahasan Energi. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 2(2), 205-213.
16. Parmitasari, P, & Hidayanto, E. (2013). Analisis Korelasi Indeks Bias Dengan Konsentrasi Sukrosa Beberapa Jenis Madu Menggunakan Portable Brix Meter. Youngster Physics Journal, 1(5), 191-198.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkfi.18.2.137-145
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Indexing by: