PENGUKURAN INDUKSI MAGNETIK TOTAL DAN IDENTIFIKASI KANDUNGAN ELEMEN ENDAPAN PASIR BESI DI PANTAI BAGIAN SELATAN KOTA PADANG SUMATERA BARAT

Salomo Salomo, Erwin Erwin, Zuhendri Zuhendri, Zulkarnaen Zulkarnaen

Abstract


Telah dilakukan pengukuran induksi magnetik total dari partikel iron oxide (concentrate) dan identifikasi kandungan elemen dari endapan pasir besi yang berasal dari pantai bagian selatan Kota Padang, Sumatera Barat. Sampel dikeringkan dibawah sinar matahari sebelum terlebih dahulu dilakukan pemisahan antara partikel magnetik dan pasir dari endapan pasir besi dengan menggunakan Iron Sand Separator. Identifikasi kandungan elemen yang terdapat dalam endapan pasir besi dilakukan dengan menggunakan X-Ray Fluorescence (XRF). Uji XRF hanya dilakukan pada sampel dari Pantai Bungus dan Caroline. Nilai induksi magnetik total diukur menggunakan sensor magnetic probe Pasco PS2162 melalui sebuah solenoida terbuat dari 2500 lilitan dengan panjang solenoida 8 cm dan diameter 3 cm. solenoid ini dialiri arus listrik dengan variasi arus 2 A hingga 10 A dan jarak horizontal 1 hingga 5 mm disepanjang sumbu solenoida. Ketika arus listrik dinaikkan maka induksi magnetik total semakin besar, dan nilai induksi magnetik total berkurang ketika jarak horizontal diperbesar.


Keywords


Endapan pasir besi; Tingkat kemagnetan; Iron sand separator; Solenoid; Induksi magnetik; X-Ray Fluorescence (XRF)

Full Text:

PDF (INDONESIA)

References


Yulianto, A. S. Bijaksana, W. Loeksmato. 2002. Karakterisasi magnetik dari pasir besi Cilacap. Jurnal Fisika Himpunan Fisika Indonesia vol A5 no 0527.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkfi.14.1.999-1005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing by:

  

 

Image