PENGARUH MATERIAL PENYUSUN BUMI DAERAH RAWAN LONGSOR DI SIBIRU-BIRU KABUPATEN DELI SERDANG MENGGUNAKAN METODE RESISTIVITAS 2D KONFIGURASI WENNER DAN SCHLUMBERGER

Riad Syech, Retno Agung, Angelia Rajagukguk

Abstract


Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui tentang pengaruh material penyusun bumi daerah rawan longsor di daerah Sibiru-biru Kabupaten Deli Serdang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode geolistrik konfigurasi elektroda Wenner dan konfigurasi elektroda Schlumberger dua dimensi. Pengukuran di lapangan dilakukan menggunakan peralatan Resistivitimeter merek Naniura NRD 22 S, pengolahan data menggunakan software Resistivity 2 Dimension Inversion (Res2Dinv) untuk data geolistrik konfigurasi elektroda Wenner dan Schlumberger. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan software tersebut diperoleh beberapa lapisan batuan dilokasi penelitian. Hasil pengolahan data metode geolistrik menggunakan konfigurasi elektroda Wenner lapisan patahan rawan longsor berada di kedalaman 0,775 meter - 1,35 meter dengan nilai resitivitas 211 Ohmmeter - 329 Ohmmeter sedangkan dengan konfigurasi elektroda Schlumberger berada di kedalaman 0,775 meter hingga kedalaman 1,45 meter dengan nilai resitivitas 165 Ohmmeter - 328 Ohmmeter. Hasil kedua metode menunjukkan perbedaan nilai resistivitasnya yang tidak signifikan. Hal ini berarti bahwa kedua metode dapat digunakan untuk mengetahui daerah rawan longsor dengan lapisan-lapisan batuan.


Keywords


Material, Rawan longsor, Metode geolistrik, Wenner, Schlumberger

Full Text:

PDF (INDONESIA)

References


Astier ,J.L. 1971. Geophysical Appliquee al Hydrologeologi, Masson & Cie, Editeur Paris.

Aswad, Sabrianto.2011. Metode Geolistrik Tahanan Jenis(Resistivity). Makassar : Unhas.

Attanayake, J., 2006, Two Dimensional Resistivity Imaging for Landslide Monitoring, Geological Society Of Sri Lanka Newsletter.

Bahri. 2005. Hand Out Mata Kuliah Geofisika Lingkungan dengan topik Metoda Geolistrik Resistivitas, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITS, Surabaya.

Bracewell. 2003. Rainfall Triggered Landslides And Debris Flows.

Darsono, Bambang Nurlaksito, dan Budi legowo, 2012, Identifikasi Bidang Gelincir Pemicu Bencana Tanah Longsor Dengan Metode Resistivitas 2 Dimensi di Desa Pablengan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar. Jurnal Fisika. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Direktorat Jenderal Bina Marga, 2008, Buku Petunjuk Teknis Perencanaan Dan Penanganan Longsoran, Direktorat Bina Teknik.

Dr. H. Muhammad Altin Massinai, 2003, CV. PUSTAKA ILMU GROUP.

Giani, G.P,. 2002. Rock Slope Stability. A.A.Balkema. Rotterdam.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkfi.12.11.739-744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing by:

  

 

Image