PENGARUH INTI KOIL TERHADAP TEGANGANINDUKTOR DAN RESISTOR YANG DIRANGKAI SECARA SERI

Salomo ', Erwin ', Surya Ningsih

Abstract


Telah dibuat koil (solenoida) dan inti koil yang bervariasi. Koil divariasikan dengan jumlah lilitan: 50 lilitan, 100 lilitan, 150 lilitan dengan panjang 5 cm dan diameter 3,5 cm, sedangkan inti koil divariasikan dari beberapa material seperti Fe (besi), Cu (tembaga), dan Al (aluminium) dengan panjang 5 cm dan diameter 3 cm. Koil ini dirangkai secara seri dengan resistor yang memiliki resistansi 150 Ω, sumber tegangan dan saklar, kemudian dilakukan pengukuran tegangan induktor dan resistor pada koil. Pengukuran ini dilakukan untuk koil tanpa inti dan koil dengan tambahan inti Fe, Al, serta Cu. Berdasarkan hasil pengukuran diperoleh tegangan induktor menurun seiring pertambahan waktu, besarnya tegangan tersebut juga dipengaruhi oleh medan magnet koil. Penambahan inti Fe pada koil 150 lilitan menghasilkan tegangan induktor sebesar 2,54 volt saat t = 5 detik, sedangkan penambahan inti Cu menghasilkan tegangan induktor sebesar 0,42 volt pada waktu yang sama. Tegangan resistor pada koil 100 lilitan dengan inti Fe adalah 0,21 volt pada t = 5 detik, namun begitu intinya diganti dengan Cu tegangannya menjadi 2.42 volt. Ini berarti koil dengan medan magnet besar akan menghasilkan tegangan induktor yang besar sedangkan tegangan resistor utuk koil dengan medan magnet besar akan bernilai kecil.


Keywords


Inti Koil; Tegangan resistor; Tegangan induktor; Medan magnet

Full Text:

PDF (INDONESIA)

References


Giancoli,D.C.1998. Fisika jilid 2. Terjemahan Dra.Yuhilza Hanum,M.Eng dan Ir.Irwan Arifin, M.Eng. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Halliday,D. dan Resnick,R.1998. Fisika Cetakan Ketiga. Terjemahan. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Reitz, J.R., Milford, F.J., Christy, R.W. 1992. Foundation of Electromagnetic Theory. Penerbit, Addison-wesley publishing company, Inc.

Shen, L.C. dan Kong, J.A.1987. “Applied Electromagnetism”, PWS Publisher.

Tipler,P.A. 1996, “Fisika Untuk Saint dan Teknik” Jilid 2, Edisi ketiga, Penerbit Erlangga,Jakarta.

Young, H. D. dan Freedman, R. A, 2002.Fisika Universitas (terjemahan).Penerbit Erlangga, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkfi.10.6.467-475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing by:

  

 

Image