DESAIN KIT PEMBELAJARAN GERAK MENGGELINDING PADA BIDANG MIRING UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
1. Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap Minat dan hasil belajar ipa siswa kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 94–104.
2. Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika pemanfaatan media pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107–112.
3. Satria, E., & Sari, S. G. (2018). Penggunaan alat peraga dan KIT IPA oleh guru dalam pembelajaran di beberapa Sekolah Dasar di Kecamatan Padang Utara dan Nanggalo Kota Padang. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(2), 1–8.
4. Adim, M., Herawati, E. S. B., & Nuraya, N. (2020). Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) menggunakan media kartu terhadap minat belajar IPA kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 3(1), 6–12.
5. Siswanti, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA SD. Indonesian Journal of Education and Learning, 2(2), 226.
6. Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99.
7. Juwantara, R. A. (2019). Analisis teori perkembangan kognitif piaget pada tahap anak usia operasional konkret 7-12 tahun dalam pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34.
8. Darmayanti, N. W. S., & Triwahyuni, I. G. A. (2023). Analisis Pelaksanaan Praktikum Siswa Kelas V SD N 1 Cempaga. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 25–29.
9. Harahap, N. M. (2019). Pengembangan Alat Peraga Kit Uji Fotosintesis untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII-6 Di MTsN 1 Banda Aceh Tahun Ajaran 2018/2019. BIOILMI: Jurnal Pendidikan, 5(1), 1–9.
10. Naimah, K. (2022). Inovasi Pembelajaran IPA SD dengan Pemanfaatan Media KIT Alat Sederhana yang Berasal dari Lingkungan Sekitar Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kreativitas Siswa. Formosa Journal of Science and Technology, 1(2), 97–110.
11. Oktaviani, Y., Lusa, H., & Noperman, F. (2019). Pengaruh Augmented reality sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar siswa mata pelajaran ipa sd kota bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(3), 202–208.
12. Mardiansyah, Y., Rahman, T., Hernando, L., & Meldra, D. (2022). Rancang Bangun Praktikum Gerak Menggelinding Pada Bidang Miring Berbasis Sensor Arduinomikro untuk Menentukan Konstanta Inersia. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 62–73.
13. Saputra, W., & Pramudya, Y. (2019). Pengembangan Instrumentasi Penentuan Kecepatan Gerak Silinder pada Bidang Miring dengan Menggunakan Arduino. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 8(2), 207–215.
14. Usmeldi, U., & Amini, R. (2021). Pelatihan penggunaan KIT IPA dan pengembangan LKPD berbasis praktikum untuk guru IPA. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(2), 56–65.
15. Deesera, V. S., & Ilhamsyah, D. T. (2017). Rancang Bangun Alat Ukur Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Pada Bidang Miring Berbasis Arduino. Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi, 5(2).
16. Ariefka, R., & Pramudya, Y. (2019, March). The study of hollow cylinder on inclined plane to determine the cylinder moment of inertia. In Journal of Physics: Conference Series, 1170(1), 012081.
17. Prihatini, S., Handayani, W., & Agustina, R. D. (2017). Identifikasi faktor perpindahan terhadap waktu yang berpengaruh pada kinemetika gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Journal of Teaching and Learning Physics, 2(2), 13–20.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkfi.20.3.283-292
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Indexing by: