MODEL PEMETAAN DAERAH RESAPAN AIR TANAH BERDASARKAN RESISTIVITAS DAN PERMEABILITAS DI KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU

Usman Malik, Juandi M Juandi M, Muhd Fachrewa Almarsya

Abstract


Telah dilakukan penelitian untuk memodelkan daerah resapan air tanah berdasarkan resistivitas dan permeabilitas di Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru, dengan mengambil sampel tanah sebanyak 30 buah di empat kelurahan yakni Kelurahan Tangkerang Barat, Tangkerang Tengah,Wonorejo, Sidomulyo Timur, dan Maharatu yang terdiri dari 5 blok lokasi penelitian. Data yang diperoleh diinput ke dalam software surfer 11 untuk diproses sehingga menghasilkan peta kontur tingkat resistvitas, permeabilitas dan resapan air tanah. Hasil yang diperoleh bahwa resistivitas tanah tertinggi yaitu terletak di Kelurahan Wonorejo sebesar 41,06 ohm.m sedangkan resistivitas tanah terendah yaitu terletak di Kelurahan Sidomulyo Timur sebesar 30,84 ohm.m dan tingkat permeabilitas tanah tertinggi yaitu terdapat di Kelurahan Sidomulyo Timur sebesar 40,82 cm/jam sedangkan permeabilitas tanah terendah yaitu terletak di Kelurahan Wonorejo sebesar 0,96/jam. Berdasarkan hasil pemetaan tingkat resapan tanah yaitu sekitar 5000 hingga 10.000 m3 /tahun.


Keywords


Tingkat resapan air tanah; Permeabilitas tanah; Resistivitas

Full Text:

PDF (INDONESIA)

References


Arsyad, S. 2000. Konservasi Tanah dan Air. Lembaga Sumber daya Informasi Institut Pertanian Bogor. IPB Press, Bogor.

Binnie and Partners. 1984. Applied Hydrogeologi. Third Edition. Prentice Hall Englewood Cliffs. New Jersey.

Darcy, Henry. 1856. Les Fontaines Publiques de la Ville De Diyon. Paris: Dalmont.

Hadian, M. S. D., Abdurahman, O. 2006. Sebaran Akuifer dan Aliran Air Tanah di Kecamatan Batuceper dan Kecamatan Benda Kota Tanggerang Provinsi Banten. Jurnal Geologi Indonesia 61: 115-116.

Halliday and Resnick. 1978. Fisika. Edisi Ketiga. Jilid 1 (Terjemahan Pantur Silaban Ph.D). hal 46. Erlangga. Jakarta.

Soemarto, C. D. 1987. Hidrologi Teknik . Surabaya : Usaha Nasional Suhaidi. 1996. Kontrak Perkuliahan Dasar-Dasar Ilmu Tanah. Fakultas Pertanian UNIB. Bengkulu.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkfi.14.2.1095-1102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing by:

  

 

Image