PENENTUAN KONSENTRASI GLUKOSA DAN INSULIN DARAH NORMAL DENGAN METODE SIMULINK

Muhammad Hamdi, Antonius Surbakti, Salomo Salomo, Isroyani Isroyani

Abstract


Telah dilakukan penelitian yang bertujuan membandingkan konsentrasi glukosa normal antara hasil pemodelan dengan hasil eksperimen dari 6 orang pasien glukosa normal. Pola-pola grafik yang dihasilkan pada masing-masing pasien glukosa normal berbeda-beda walaupun setiap pasien mendapatkan perlakuan yang sama. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemodelan cocok digunakan untuk data hasil eksperimen pada wanita berumur 17-20 tahun dimana diperoleh konsentrasi glukosa statis 73 mg/dl. Hal ini dikarenakan ada beberpa harga konstanta laju transport (K) hasil pencocokan kurva yang bernilai sama, yaitu pada parameter Fluk glukosa (Fg) 80000 mg/dl s, konstanta laju transport pengurangan glukosa orde pertama (K1) 24,7 s-1, konstanta laju transport eliminasi ginjal (K2) 72 s-1, konstanta laju transport pengurangan insulin-glukosa (K3) 13,9 s-1, konstanta laju transport metabolisme pankreas (K4) 14,3 s-1. Adanya beberapa parameter yang memliki nilai sama antara pemodelan dan juga eksperimen ini berarti bahwa pasien dalam menjaga keseimbangan glukosa plasma darah dalam kesehariannya sama, glukosa plasma darah seimbang bila efisiennya organ pankreas dan ginjal.


Keywords


Konsentrasi; Glukosa; Insulin; Plasma darah

Full Text:

PDF (INDONESIA)

References


Guyton, A. C. 1997. Medical physiology (Fisologi kedokteran Edisi 9, diterjemahkan oleh A. Dharma dan P.Lukmanto). Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta. 429p

PERKENI, 2006. Konsensus Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe-2 di Indonesia. Jakarta: Penerbit PERKENI, 4-32.

Sherwood L., Fisiolofi Manusia: dari Sel ke Sistem, Alih Bahasa: dr. Brahm U.P. SP.KK. edisi 2:Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Brooks G.A, Fahey T.D, 1984. Exercise Physiology Human Bioenergetics and Its Aplications. New York : Macmillan Publishing Company, pp 701–715.Kedokteran EGC, hlm 275.

Henrikson J.E, Bech-Nielsen H. 2009. Blood glucose levels. Available from: http://www.netdoctor.co.uk/healthadvice/facts/diabetesbloodsu gar. htm. 24 Oktober 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkfi.14.2.1055-1060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing by:

  

 

Image