SIMULASI PENGARUH LITOLOGI TERHADAP MODEL SISTEM AKUIFER BEBAS ( Studi Kasus Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru )

Juandi. M Juandi. M, Taufik Arianto, Usman Malik

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang simulasi pengaruh litologi terhadap model sistem akuifer bebas (studi kasus Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh litologi terhadap model sistem akuifer bebas di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru menggunakan program komputer aplikasi MATLAB R2009a. Hasil penelitian diperoleh keluaran dari program komputer berupa kedalaman akuifer bebas atau nilai head hidrolik. Kedalaman akuifer bebas berkisar antara 2,187 meter sampai 8,2709 meter. Hasil penelitian juga memperlihatkan nilai transmisivitas dan storativitas yang besarnya adalah masing-masing 5175 m2 /hari dan 287,8 nilai tersebut adalah litologi kerikil, sedangkan nilai transmisivitas dan storativitas masing-masing adalah 2,3 m2 /hari dan 241,5 adalah litologi batu pasir halus.


Keywords


Air tanah; Akuifer bebas; Simulasi; MATLAB

Full Text:

PDF (INDONESIA)

References


Adoe, T. H. R. 2008. Pengendalian Pemanfaatan Air Bawah Tanah Di Kota Kupang. Semarang: Universitas Diponegoro.

Bouwer, H. 1978. Groundwater Hydrology. Int. Student Ed. McGraw-Hill Kogakusha Ltd.

Juandi, M, 2012.Penerapan Konsep Dasar Resistivitas Untuk Menentukan KonduktivitasHidrolika Pada Sistem Akuifer, DIPA UR.

Juandi, M. 2013. Aplikasi Metode Geolistrik untuk Menentukan Karakterisasi Material Tanah Berdasarkan Koefisien Keterusan Sistem Akuifer Bebas di Kota Pekanbaru. DIPA UR.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkfi.14.2.1037-1040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing by:

  

 

Image