PEMODELAN SATU SIKLUS RADIASI GELOMBANG TERAHERTZ PADA JARINGAN SAPI DENGAN METODE KOMPUTASI BIOFISIK

Mimwindayani Mimwindayani, Mhd. Hamdi, Usman Malik

Abstract


Radiasi terahertz (THz) berada pada daerah inframerah pada spektrum elektromagnetik yang memiliki rentang frekuensi dengan nilai hampir sama dengan frekuensi molekul air. Interaksi radiasi THz mengindikasikan penyerapan hamburan rendah. Penelitian ini mengkaji model perambatan gelombang satu siklus radiasi THz pada jaringan biologis seperti: jaringan kulit, lemak, tumor, dan daging sapi dengan memfokuskan pada parameter-parameter fisis gelombang elektromagnetik Persamaan Maxwell. Solusi kajian ini menggunakan metode komputasi dengan perangkat lunak Wolfram Mathematica 9.0 menggunakan sumber densitas daya THz (10-150) mW.m-3 dan rentang frekuensi (0.1-1) THz. Kualitas spektrum penyerapan radiasi THz dibatasi oleh resolusi frekuensi dengan resonansi yang bervariasi. Pada resolusi rendah, puncak spektrum yang diperluas dengan tingkat energi dapat ditentukan dengan akurasi yang tinggi. Terdapat perbedaan dari puncak yang antara jaringan tumor dan jaringan normal. Hal ini dapat dilihat dengan model penyerapan dan hasil eksperimen mengindikasikan cukup akurat dengan kesalahan sebesar 0.8%.


Keywords


Pemodelan; Radiasi terahertz; Satu siklus; Penyerapan; Jaringan biologis

Full Text:

PDF (INDONESIA)

References


Burghardt, Irene, Volkhard May, David A. Micha, and Eric R. Bittner. 2009. Energy Transfer Systems Dynamics in Biomaterial. Springer-Verlag: Berlin Heidelberg.

Hamdi, Muhammad dan Yusof Munajat. 2016. Modeling a One Cycle THz radiation Waveform Moving through Biological Tissue. UTM: Johor Bahru.

Matti Hotokka, Erkki J. Brändas, Jean Maruani Gerardo, and Delgado-Barrio. 2013. Advances in Quantum Methods and Applications in Chemistry, Physics, and Biology. Springer International Publishing: Switzerland.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkfi.14.1.1013-1019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing by:

  

 

Image