PENGARUH PENAMBAHAN FRIT GELAS TERHADAP KARAKTERISTIKDIELEKTRIK KAPASITOR KERAMIK FILM TEBAL BATIO3

Walfred Tambunan, Antonius Surbakti, Dani Gustaman Syarif

Abstract


Telah dilakukan pembuatan dielektrik kapasitor keramik film tebal dengan penambahan campuran BaTiO3 95% : 5% , 92,5% : 7,5 % dan 90% : 10% terhadap berat Frit Gelas. Setelah dicampur dibuat kebentuk pasta dengan menambahkan 20% berat senyawa organik. Pasta yang telah terbentuk dari ketiga jenis sampel disinter pada suhu 700C selama 20 menit. Kemudian dilakukan karakteristik sampel dengan menggunakan XRD, SEM dan LCR meter. Hasil XRD terindentifikasi bahwa dari ketiga jenis sampel terbentuk fasa BaTiO3 dengan struktur kristal tetragonal dengan panjang kisi kristal a = b ≠ c dan sudut α = β = γ. Hasil analisa SEM menunjukkan struktur mikro film tebal BaTiO3 mengalami perubahan yang ditandai dengan adanya pertambahan butiran. Karakteristik dielektrik dilakukan dengan cara mengukur kapasitansi kapasitor dari suhu 30C – 100C. Hasil yang diperoleh ternyata kapasitor film tebal dengan komposisi frit 5% memiliki konstanta dielektrik 230,75 , komposisi frit 7,5% memiliki konstanta dielektrik 39,58% konstanta dielektrikdankomposisi frit 10% memiliki konstanta dielektrik 293,87 pada suhu 100C. Ketiga nilai konstanta dielektrik yang diperoleh ternyata komposisi frit 10% merupakan kapasitor yang mempunyai konstanta dielektrik tertinggi dan merupakan kapasitor yang paling baik dari ketiga jenis kapasitor tersebut.

Keywords


BaTiO3; Kaca Frits; Dielektrik

Full Text:

PDF (INDONESIA)

References


Barsoum, M, 1997,Fundamental of Ceramic, Mc Graw-Hill International Edition material Sciences Series.

Darmawansyah, A, 2007, Pembuatan Rangkaian Filter Band Pass Orde Dua dengan Teknologi Film Tebal, Journal IPTEK Vol.10, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Eliyana, A. 2007,Identifikasi Kristal, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Firmansyah, L, 2005,Studi Struktur Mikro dan Struktur Kristal Keramik ZnO-TiO2 pada suhu Sinter 1450oC Terhadap Sifat Dielektrik, Universitas Pendidikan Indonesia.

Harper,C.A, 2011,Handbook of ceramics glasses and diamonds, Mc-Graw Hill Companies, United States of America.

Jamil, N.A, 2000,Pengaruh Penambahan CuO Terhadap Karakteristik Keramik Film Tebal ZnFe2 O4 di Media Udara dan Gas Etanol, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Kittle,C, 1996, Introduction to Solid StatePhysics,Edisi ke Tujuh, New York, Chichester, Brisbane, Toronto, Singapore.

Reed, J.S, 1987, Introduction to the Principles of Ceramic Processing, John Wiley and Sons.

Smith, W.F, 1990, Principles of Material Science and Engineering, Second Edition, McGraw-Hill, Florida.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkfi.13.13.927-932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing by:

  

 

Image