FENOMENA ARUS EDDY PADA PLAT ALUMUNIUMMENGGUNAKAN SOLENOID BERBENTUK BALOK

Zulkarnain ', Erwin ', Indah Cahyani

Abstract


Penelitian untuk mengamati fenomena arus eddy pada plat alumunium dan koil berbentuk solenoid balok telah dilakukan. Fenomena arus Eddy diamati pada plat alumunium dengan ukuran 6 x 10 cm dan memiliki tangkai dengan panjang 20 cm. Sumber medan magnet dihasilkan oleh solenoid yang dihubungkan secara seri dan paralel. Solenoid dirancang berbentuk balok dengan ukuran 4x4x10 cm. Solenoid diberi inti dari bahan ferromagnetik yaitu besi (Fe). Plat alumunium yang digunakan dirancang dengan empat model yaitu satu celah, tiga celah, empat celah dan tanpa celah.. Kuat medan magnet diukur dengan menggunakan Probe Magnetic Pasco PS-2162 secara horizontal dan vertikal terhadap solenoid dengan memvariasikan jarak dan besarnya arus. Hasil penelitian menunjukkan medan magnet terbesar dihasilkan oleh kumparan menggunakan inti yang dihubungkan secara seri yaitu sebesar 40.1535 mT pada arus 7A. Arus Eddy yang timbul pada plat dipengaruhi oleh besarnya kuat medan magnet dan jumlah celah pada plat. Semakin besar kuat medan magnet yang digunakan maka jumlah ayunan dari plat semakin menurun. Selain itu, jumlah ayunan menurun dengan bertambahnya jumlah celah pada plat. Penurunan ini disebabkan oleh adanya pemutusan dari arus Eddy yang terbentuk pada plat oleh celah-celah yang terdapat pada plat tersebut, sebagai perbandingan pengaruh kuat medan magnet terhadap jumlah ayunan digunakan magnet Neodymium Iron Boron sebagai sumber medan magnet dan hasilnya menunjukkan bahwa jumlah ayunan pada plat menurun secara drastis.

Keywords


Arus Eddy; Solenoid balok; Plat aluminium

Full Text:

PDF (INDONESIA)

References


Halliday, D and Resnick, R. 1978. Physics(3rd edition). New York: Jhon Wiley& Sons.Inc.

H. H. Wiederick, N. Gauthier and D. A.Campbell. 1987. Magnetik braking: Simple Theory and Experiment, Am. J. Phys. 55.

Ichinose, H, Luiza., Kohno, Y., Kitada, T.,Matsumura, M. 2007.Applications of Eddy Current Test to Fatigue Crack Inspection of Steel Bridges.Mem. Fac.Eng. Osaka University., Vol.48, pp.

Jae-Sung, B., Jae-Hyuk, H., Jung-Sang, P., and Dong-Gi, K. 2009.Modeling and experiments on Eddy current damping caused by a permanent magnet in a conductive tub. Journal of Mechanical Science and Technology.

M. K. Kwak, M. I. Lee and S. Heo. 2003.Vibration Suppression Using EddyCurrent Damper, K. S. N.V. E. 233.

Ma, Der -Ming,. Kuen, S-Jaw. 2009. TheDesign of Eddy-Current Magnet Brakes.Department of Aerospace Engineering, Tamkang University, Danshuei, Taiwan 25137, Republic of China. No. 09 CSME-73, E.I.C. Accession 3159.

Reitz, J. R. 1993. “Foundation Of Electro Theory”, Addisio wesley publishing company. New York.

Serway and Jewett. 2010. Physics for scientists and angineers with modern physics. Fisika untuk sains dan teknik buku 1 edisi 6. Jakarta : Salemba teknika.

Serwey and Jewett. 2010. Physics for scientists and angineers with modern physics. Fisika untuk sains dan teknik buku 2 edisi 6. Jakarta : salemba teknika.

Serway, R. A. 1986. Physics for Scientist & Engineers with Modern Physics Third Edition. James Madison University.

Tipler, Paul A. 2001. Fisika untuk Sains dan Teknik Edisi Ketiga Jilid 2. Jakarta : Penerbit Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkfi.13.13.901-906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing by:

  

 

Image