PENGGUNAAN ENERGI SURYA UNTUK PENJERNIHAN AIR GAMBUT MENGGUNAKAN REFLEKTORCERMIN CEKUNG

Usman Malik, Muksin ', Juandi M '

Abstract


Penelitian tentang destilasi air gambut telah dilakukan dengan menggunakan alat pemanas energi matahari reflektor cermin cekung dengan dua variasi wadah yang berbeda, masing-masing wadah terbuat dari aluminium, satu dicat dengan warna hitam dan yang lainnya tanpa dicat. Reflektor cermin cekung dibuat dengan ukuran diameter 2,2 meter, tinggi cermin 0,3 meter dan panjang fokusnya 1 meter. Reflektor diletakkan di atas tanah dan disinari langsung oleh cahaya matahari. Kolektor yang berisi sampel air gambut diletakkan diatas reflektor tepat pada posisi titik fokus. Selama pemanasan, suhu diukur setiap jam dengan waktu pengamatan mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Pengamatan dilakukan selama empat belas hari, tujuh hari pertama yaitu pengamatan untuk wadah tanpa dicat dan tujuh hari kedua untuk wadah yang dicat hitam pada cuaca cerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suhu maksimum sampel air gambut yang menggunakan wadah tanpa dicat adalah 89˚C, dan suhu maksimal pada titik fokus adalah 93˚C. Hasil volume destilasi air gambut tertinggi diperoleh 311 ml. Hasil pengamatan untuk destilasi pada wadah dicat hitam diperoleh suhu maksimal air gambut adalah 91˚C dan suhu maksimal pada titik fokusnya adalah 96˚C. Hasil volume destilasi air gambut tertinggi diperoleh 355 ml. Hasil pengujian laboratorium sampel air gambut sebelum destilasi terhadap parameter warna adalah 1368 Pt-Co dan pengujian laboratorium air gambut setelah di destilasi menjadi 65 Pt-Co, hal ini menunjukkan sampel setelah proses destilasi mengalami peningkatan kualitas yang sangat signifikan.

Keywords


Energi surya; Air Gambut; Disuling; Cermin cekung

Full Text:

PDF (INDONESIA)

References


Edisar. Muhamad., Malik, Usman. .2015. Penyediaan Air Tawar Dari Penyulingan Energi Surya Menggunakan Teknik Reflektor Cermin Cekung. Journal KFI Fisika FMIPA UR, Vol 1212 No.10, Hal 651-657.

Gurning, T. 2010. Kajian Eksperimental Pengaruh Intensitas Cahaya dan Laju Aliran Terhadap Efisiensi Termal dengan Menggunakan Solar Energy Demonstration Type LS-17055-2 Double Spot Light. Universitas Sumatera Utara. Medan

Hariyani, V.D. 2005. Pengolahan Lanjutan Terhadap Efluen Instalasi Pengolahan Lindi LPA Benowo Menggunakan Slow Sand Filter dan Filter Adsorpsi. Tugas Akhir S1 Jurusan Teknik Lingkungan FTSP ITS

Marwani. 2011. Potensi Penggunaan Kompor Energi Surya Untuk Kebutuhan Rumah Tangga. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya. Palembang.

Said, I dan Ruliasih. 2008. Penghilangan Kesadahan Di Dalam Air Minum. hal. 387- 442

Sayigh, A. A. M. 1977. Solar Energy Engineering. London: Academic Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkfi.13.13.883-889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing by:

  

 

Image