PENGUKURAN SPEKTRUM SUARA MANUSIA LANSIA BERDASARKAN JENIS KELAMIN DAN SUKU MENGGUNAKAN SOFTWARE PRAAT

Salomo ', Natalia ', Erwin '

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang pengukuran spektrum suara manusia lansia berdasarkan jenis kelamin dan suku menggunakan software Praat. Suku yang dijadikan sampel penelitian yaitu suku Batak, Jawa, Melayu, Minang, Sakai dan Sunda. Proses perekaman suara manusia menggunakan mikrofon dan laptop (komputer) yang dilengkapi dengan software praat. Pengambilan sampel dilakukan dengan merekam suara lansia (60-70 thn) yang terdiri dua lakilaki dan dua perempuan setiap suku. Setiap sampel membaca sebuah kalimat yaitu “Joko Widodo adalah Presiden Indonesia yang Ketujuh” yang diulang sebanyak tiga kali. Hasil penelitian Spektrum suara yang dihasilkan antara sampel laki-laki dan perempuan pada setiap suku berbeda-beda. Frekuensi dasar rata-rata tertinggi untuk laki-laki adalah suku Batak yaitu 158 Hz dan terendah adalah suku Minang yaitu 98 Hz. Frekuensi dasar rata-rata tertinggi untuk perempuan adalah suku Jawa yaitu 221 Hz dan terendah adalah suku Sunda yaitu 160 Hz. Frekuensi dasar untuk laki-laki dan perempuan secara umum berkurang seiring dengan pertambahan usia, bentuk organ penghasil suara dan kondisi sampel. Bertambahnya usia mempengaruhi nilai formant. Semakin tua usia seseorang maka nilai formantnya semakin menurun. Secara umum hasil penelitian ini menunjukkan hal yang sama, namun ada beberapa sampel yang nilai formantnya mengalami kenaikan, kenaikan ini disebabkan adanya perubahan jarak antara mulut sampel terhadap mikrofon.

Keywords


Praat; Lansia; Pitch; Formant; Suku

Full Text:

PDF (INDONESIA)

References


Boersma P, Weenink D. Praat: doing phonetics by computer. (Computer software and manual). Melalui http://www.fon.hum.uva.nl/praat [May/11/09].

Cheong, S. Y, and Manan, A. 2008. Malay Language Text Independent Speaker Vertification Using NN-MLP Classifier with MFCC, Internationa Conference on Elektrolic Design.

M. N. Al-Azhar. 2011. Audio Forensic: Theory And Analysis. Pusat Laboratorium Forensik Polri Bidang Fisika Dan Komputer Forensik.

Rahim, W. 2014. Analisis Spektrum Suara Manusia Berdasarkan Jenis Kelamin (Gender) dan Kelompok Umur Menggunakan Komputer. Pekanbaru.

Smith, R. R., and Patterson, R. D. 2005. The interaction of glottal-pulse rate and vocal-tract length in judgements of speaker size, sex, and age. J. Acoust. Soc. Am., 118, 3177-3186.

Titze, I. R. 1989. Physiologic and Acoustic Differences between Male and Female Voices. J. Acoust. Soc. Am., 85, 1699.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkfi.12.11.732-738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing by:

  

 

Image