PENYEDIAAN AIR TAWAR DARI PENYULINGAN ENERGI SURYA MENGGUNAKAN TEKNIK REFLEKTOR CERMIN CEKUNG

Muhammad Edisar, Usman Malik

Abstract


Telah dilakukan penelitian untuk menghasilkan air bersih dengan menggunakan energi matahari memakai teknik pengumpul panas reflektor cermin cekung. Pada penelitian ini reflektor dibuat berukuran diameter 2,2 meter, tinggi 0,3 meter dan titik fokus 1 meter. Reflektor diletakkan dapat disinari matahari secara langsung sepanjang hari. Medium berisi sampel yang akan di suling diletakkan diatas reflektor tepat pada posisi titik fokusnya. Sepanjang hari proses penyulingan suhu diukur setiap satu jam dengan waktu pengamatan mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Lama pengamatan selama tujuh hari jika hari cerah. Penelitian menghasilkan suhu terukur maksimum sampel air yang akan di suling menggunakan reflektor sebesar 100˚C dan pada titik fokusnya 140˚C. Hasil pengamatan untuk penyulingan tanpa reflektor diperoleh suhu maksimal pada sampel air yang di akan disuling sebesar 64˚C. Volume air hasil penyulingan cukup baik dan hasil pengujian laboratorium terhadap sampel air sebelum dan sesudah di suling menunjukkan peningkatan mutu kualitas yang sangat signifikan.

Keywords


Energi surya; Air bersih; Penyulingan; Reflector cermin cekung

Full Text:

PDF (INDONESIA)

References


Akhirudin, T. 2008. Desain Alat Penyulingan Laut dengan Sumber Energi Tenaga Surya Sebagai Alternatif Penyediaan Air Bersih. Institut Pertanian Bogor.

Efendi. 2003. Telaah Kualitas Air. Bogor : IPB press.

Prasetyo, C. H, 2011. Peningkatan Unjuk Kerja Penyulingan Air Energi Surya Menggunakan Reflektor. Skripsi jurusan teknik mesin Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkfi.12.10.651-657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing by:

  

 

Image