MENENTUKAN LAPISAN AKUIFER DAS (DAERAH ALIRAN SUNGAI) SIAK DENGAN MEMBANDINGKAN HASIL UKUR METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS KONFIGURASI WENNER DAN KONFIGURASI SCHLUMBERGER

Riad Syech, Juandi ', M .Edizar '

Abstract


Telah dilakukan penelitian untuk menentukan akuifer dan lapisan litologi bawah permukaan diJembatan Siak 1, 2, dan 3 Pekanbaru dengan menggunakan metode geolistrik dalam konfigurasielektroda Wenner dan konfigurasi Schlumberger. Data tersebut diproses menggunakan exceluntuk memperoleh resistivitas semu. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak Res2Dinv3.56 dan VES, hasil pengolahan data diperoleh nilai resistivitas batuan dan litologi lapisanbatuan bawah permukaan tanah. Interpretasi dari software Res2Dinv 3.56 dan VES menunjukkanbahwa di Jembatan Siak 1, Jembatan Siak 2, dan Jembatan Siak 3 Pekanbaru litologinya berupapasir berlempung, pasir, pasir kerikil, dan batuan keras seperti granit, gamping. Akuifer tertekanteridenfikasi di Jembatan Siak 1 dan 3 Pekanbaru dan Jembatan Siak 2 Pekanbaru diidentifikasimerupakan lapisan akuifer bebas. Kedalaman akuifer yang di peroleh dengan menggunakanperangkat lunak VES dan Res2Dinv memiliki perbedaan kedalaman hanya berkisar 4 m.


Keywords


Akuifer; Litologi; Metode Schlumberger; Metode Wenner

Full Text:

PDF (INDONESIA)

References


Ali, M.N., Za’ari, Supoyo, 2003. “Eksplorasi, eksploitasi Sumber Daya Mineral Air Bawah Tanah : Studi Kasus Di Kawasan Industri Pasuruan Jawa Timur”. Proceedings of Joint The 32 nd IAGI dan The 28 th HAGI Annual Convention and Exhibition.

Anita, Nur Setyawati. 2005. DAS SUNGAI SIAK PROVINSI RIAU. http://staff.blog.ui.ac.id/tarsoen.waryono/files/2009/12/das_siak_nuranitasetyawati_0706265705.pdf diakses tanggal 7 Agustus 2012

Loke, M.H. 1997, Electrical Imaging Surveys for Environmental and Engineering Studies, Cangkat Minden Lorong 6, Minden Heights, Penang, Malaysia.

Telford, W.M, Geldart, L.P, Sheriff, R.E, 1990, Applied Geophysics, New York: Cambridge University Press.

Wuryantoro. 2007. Aplikasi Metode Geolistrik Tahanan Jenis Untuk Menentukan Letak dan Kedalaman Aquifer Air Tanah (Studi Kasus di Desa Temperak Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang Jawa Tengah). http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi/index/assoc/HASH0174/3ff6be90.dir/doc.pdf diakses tanggal 22 September 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkfi.11.9.601-611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing by:

  

 

Image