STUDI KELAYAKAN PENGGUNAAN SEL SILIKON SEBAGAI PENGUBAH ENERGI MATAHARI MENJADI ENERGI LISTRIK

Walfred Tambuhan, Maksi Ginting, Minarni '

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang “Studi Kelayakan Penggunaan Sel Silikon sebagai Pengubah Energi Matahari menjadi Energi Listrik” dengan metoda eksperimen. Eksperimen dilakukan dengan cara merangkai dioda silikon selinder ke rangkaian bentuk paralel dan bentuk seri pada pelat rangkaian PCB, kemudian rangkaian dimasukkan kedalam suatu kotak terbuat dari kayu yang diisolasi dengan isolator kardus. Kotak tersebut ada yang dibuat terbuka tanpa pelat kaca dan ada yang dibuat tertutup dengan pelat kaca kemudian diletakkan ke tempat yang bebas cahaya matahari jatuh dengan mengarahkan dioda silikon tegak lurus terhadap cahaya matahari jatuh lalu diamati arus listrik yang dihasilkan dioda silikon setiap selang waktu 10 menit. Hasil yang diperoleh, arus listrik dihasilkan bernilai maksimum untuk dioda sambungan paralel dan terbuka tanpa penutup pelat kaca sebesar 102,9 x 10-2 milli ampere dengan energi listrik rata-rata yang dihasilkan 35,2 x 10-3 Joule pada temperatur 39oC sedangkan arus listrik minimum dihasilkan dari rangkaian dioda bentuk seri tertutup dengan pelat kaca sebesar 21 mikro ampere dengan energi listrik rata-rata dihasilkan sebesar 51 x 10-5 Joule. Dari hasik-hasil tersebut yang lebih bagus dan lebih layak digunakan untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik adalah dioda silikon bentuk sambungan paralel terbuka tanpa memakai penutup pelat kaca.


Keywords


Dioda silikon; Energi matahari; Energi listrik

Full Text:

PDF (INDONESIA)

References


E. Klugman-Radziemska, E. Klugman, 1999. Alternative sources of energy Photvoltaic energetics, WEIS, Bialystok.

John A. Duffie and A. Beckman, 1994. Solar Energy Thermal Processes, Copyright C) by John Willey & Son Inc.

K. Nakajima, K. Ohdaira, K. Fujiwar, W. Pan, 2005. Solar cell system using a polished concave Si-crystal mirror. Solar Energy Materials and Solar Cells 72 : 323-329.

Li Shengs, 1993. Semiconductor Physical Electronics. Plenum Press, New York.

Shrotaya V., Li, G., Yao, Y. 2006. Accurate. Measurement and Characterization of Organic Solar Cells, J. WILEY INTERSCIENCE Journal, 16: 2016-2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkfi.10.7.528-533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing by:

  

 

Image