Penentuan Energi Dan Fungsi Gelombang Elektron Dalam Kawat Kuantum Dengan Bantuan Komputer

Erwin ', Salomo ', Rio Fauzi

Abstract


Kawat kuantum (nanowire) merupakan kawat dengan dimensi nanometer, dimana gerakanelectron didalamnya mengalami hoping dari satu site kesite berikutnya. Jika dalam kawat tersebut tidakterdapat impuritas (pengotor) maka gerakan electron adalah gerakan ballistic. Namun dalamkenyataannya pemuatan kawat kuantum tidak terlepas dari impuritas. Dalam tulisan didilakukan simulasiprogram komputer untuk menentukan eigen fungsi dan eigen energi elektron dalam kawat kuantum tanpaimputitas. Program yang dikembangkan ini menggunakan program MATLAB versi 7. Untukmendapatkan eigen function dan eigen energy dari electron dalam kawat kuantum, maka ditentukanpenyelesaian Persamaan Schrodinger tidak bergantung waktu. Dalam penelitian ini, program komputeryang dibuat terdiri dari 2 program yaitu program menu dan program utama. Program menu digunakanuntuk memasukkan data input yang nantinya ditulis dalam data file. Program ini memudahkan penggunadalam menginput data yang diperlukan dalam perhitungan. Program utama adalah program yangdigunakan untuk melakukan perhitungan terhadap eigen fungsi dan eigen energy.

Keywords


Kawat kuantum; Eigen fungsi; Eigen energi; Impuritas

Full Text:

PDF (INDONESIA)

References


De Picciotto, R. et al. 2001. Four-Terminal Resistance of a Ballistic Quantum Wire, www.natural.com.

Evaldsson, M.2008. Quantum transport and spin effects in lateral semiconductor nanostructures and graphane.

Swedan, Linkoping University Luisier.M, et al. 2007. Transport Calculation of Semiconductor Nanowire Coupled to Quantum Well Reservoirs, Journal Comput Electron 6:199-202

Lenka.T.R, Panda A.K.2009. Characterisation Study of Modulation Doped GaAs/InxGa1-xAs/AlxGa1-xAs based Pseudomorphic HEMT, International Journal of Recent Trends in Engenering, Vol 1,No.3.

Lenka.T.R, Panda A.K.2010. Characteristics Study of 2DEG Transport Properti of AlGaN/GaN and AlaAs/GaAs-based HEMT, National Institute of Science and Technology, Palur Hills, Berhampur-761008, Odisha, India.

Runyan,W.R, Watelski, S.B. 1970. Handbook of Materials and Processes for Electronics, C.A. Harper, Ed, McGraw-Hill Book Company, New York.

Pfeiffer L. N, et al. 2005. Ballistic Hole Transport In a Quantum Wire, Applied Physics Letters 87, 073111.

http://aip.org/apl Spencer L, Ross dan Michale ware. 2004. Introduction to Matlab. BrighamYoung University: physics.byu.edu/Courses/Computational.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkfi.9.04.365-373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexing by:

  

 

Image